Minggu, 20 Oktober 2019

PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN KAHOOT



Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, banyak sekali produk-produk teknologi yang berkembang disekitar kita. Kita tahu saat ini teknologi yang ada di dunia telah mencapai perkembangan industri 4.0 dimana teknologi sekarang sudah menggunakan yang serba digital.

Salah satu perkembangan teknologi yang terus berevolusi yakni di bidang komunikasi, ya kita tahu komunikasi kita saat ini hampir semua tak asing dengan yang namanya Handphone/ Smartphone. Mulai dari orang tua hingga anak hampir semua memegang yang namanya ponsel pintar yang telah terhubung dengan fasilitas internet. Banyak pemakai mulai dari anak hingga dewasa yang hanya menggunakan fasilitas internet hanya sebatas hiburan saja, padahal fasilitas internet dapat pula kita gunakan untuk hal yang positif salah satunya mencari tambahan ilmu atau dapat dijadikan sumber belajar/ informasi. 

Bagaimana cara kita menggunakan perkembangan internet smartphone dengan bijak?
Kita sebagai seorang guru tentu harus lebih selangkah di depan para muridnya, jadi kita harus bisa melek terhadap teknologi, gunakan fasilitas yang ada sekarang untuk perkembangan para muridnya, salah satunya kita harus mampu menggunakan IT sebagai contoh mampu menggunakan laptop. 

Nah, kali ini kita akan berbagi bagaimana agar Smartphone yang ada pada peserta didik dapat bermanfaat sekaligus menghibur, salah satunya dengan menggunakan "Pembelajaran Berbasis Android". Pembelajaran ini hanya sebatas quiz untuk peserta didik dengan menggunakan Smartphone, yang mana kita akan menggunakan pihak ketiga yakni aplikasi. Ada banyak aplikasi yang menawarkan, namun kali ini saya hanya akan mengupas tentang "Kahoot". 
Apa saja yang harus kita siapkan??

1. Laptop untuk membuat aplikasi Kahoot dan soal quiz
2. Infocus yang terhubung dengan laptop untuk menayangkan quiz
3. Internet 
4. Handphone/ Smartphone bagi peserta quiz ( para siswa)

Bagaimana cara menggunakannya???

1. Daftar di Aplikasi Kahoot
Pertama kita harus terlebih dahulu masuk di website Kahoot, https://kahoot.com/. Setelah itu kita daftar dengan menggunakan email kita.

Setelah masuk dengan email maka akan ada pilihan penggunaan kita sebagai siapa?


Kemudian kita diwajibkan mengisi semacam biodata atau formulir.
2. Membuat soal 
Setelah tadi daftar dan bisa masuk dengan email kita, langkah selanjutnya persiapan membuat soal yang akan kita berikan pada peserta.
Setelah tampil seperti diatas, kita tinggal pilih yang ada tulisan create untuk membuat soal, maka akan tampil soal apa yang akan kita buat. Apakah quiz dengan 4 jawaban atau dengan soal benar/ salah.
3. Membuat Soal
Setelah tampilan tadi maka kita tinggal menyiapkan soal dengan jawaban yang kita kunci agar pada saat tampil di layar ketika peserta memilih jawaban telah ada jawaban yang benarnya, baik untuk quiz maupun benar atau salah.


Setelah selesai membuat soal sebanyak apapun kita hanya tinggal menyimpannya pada aplikasi kahoot yang kita buat dengan memilih 'Done".

4. Setelah semua siap kita hanya mengarahkan peserta untuk mengetikan pada tampilan google https://kahoot.it/ dan memasukan GAME PIN, dan kemudian digunakan baik secara clasical ataupun team.


Sekian Semoga Bermanfaat.,.

0 komentar:

Posting Komentar